SELAMAT DATANG DIBLOG KAMI, SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA. BY TEGAR-SHARE.BLOGSPOT.COM

Kamis, 11 November 2010

Belajar Elektro

Reaksi: 
        Belajar Elektronika Itu Mudah – Benarkah? Mungkin bagi sebagian belajar elektronika itu mudah, yah kalau saya sendiri mengatakan kalau belajar elektronika itu lebih pada kategori mengasikkan, bukan berarti belajar elektronika itu mudah. Saya mulai mengenal kata elektronika pada saat masih Sekolah Dasar (SD). Suatu ketika ada seorang teman yang bermain-main dengan kipas kecil buatan dari dinamo tape recorder dengan menggunakan battre sebagai sumber dayanya.
Karena namanya anak kecil, sayapun tertarik ingin juga memiliki, beruntung di rumah saya memiliki sebuah tape recorder yang sudah rusak, tanpa pikir panjang saya mengambil dinamo didalamnya. Bukannya menggunakan battrei sebagai sumber daya pemutar namun saya langsung menghubungkan ke arus 220V dari diesel, karena dirumah saya ketika masih kecil masih menggunakan diesel sebagai sumber penerangan, itupun masih menggunakan sistem gotong royong, 1 mesin diesel digunakan untuk seluruh rumah di satu RT.
        Tahu apa yang terjadi? Yah karena dinamo yang seharusnya maksimal menggunakan daya sebesar 12V saya isi daya sebesar 220V maka dinamopun terbakar, beruntung saya tidak terkena sengatan arus tegangan tinggi 220V dari mesin diesel. Jika sampai tersengat arus listrik mungkin blog Elektro ini takkan pernah muncul di ranah maya ini.
        Ketika melanjutkan sekolah tingkat atas saya akhirnya memilih untuk melanjutkan ke SMK jurusan elektronika, ternyata susah belajar elektronika. Sering saya menyimpan uang jajan hanya untuk membeli peralatan elektronika serta komponen elektronika untuk saya rakit menjadi sebuah radio, tape ataupun amplifier. Dalam waktu 1 minggu biasanya peralatan elektronika tersebut saya bongkar kembali, entah kenapa rasanya kalau sudah lewat 3 hari kok suaranya terdengar tidak lagi mengasikkan. Yah mau nggak mau saya bongkar lalau beli peralatan/komponen lainnya, walaupun hasilnya juga sama saja.
        Belajar elektronika itu sebenarnya mudah jika kita mempunyai keinginan atau ketertarikan dengan elektronika. Walaupun saat masih dalam tahap belajar kita belum memahami dengan benar, namun dengan seiring berjalannya waktu dan sering melakukan praktek kita akan menjadi lebih paham dan mahir dalam dunia elektronika.
        Inti dari belajar elektronika mudah adalah tertarik, berkorban, telaten dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan. Jika semua itu sudah bisa kita jalankan maka belajar elektronika itu menjadi mudah dan mengasikkan.

SEMANGAT.. .

1 komentar:

Copyright 2011
TEGAR-SHARE

Powered by
Free Blogger Templates